Apa itu TaeKwonDo

Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do, Taekwon-Do) adalah olah raga bela diri korea yang paling populer dan juga merupakan olah raga nasional Korea. Ini adalah seni bela diri yang paling banyak dimainkan di dunia dan juga dipertandingkan di Olimpiade.

Dalam bahasa korea, hanja untuk Tae berarti “menendang atau menghancurkan dengan kaki”; Kwon berarti “tinju”; dan Do berarti “jalan” atau “seni”. Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai “seni tangan dan kaki” atau “jalan” atau “cara kaki dan kepalan”. Popularitas taekwondo telah menyebabkan seni ini berkembang dalam berbagai bentuk. Seperti banyak seni bela diri lainnya, taekwondo adalah gabungan dari teknik perkelahian, bela diri, olah raga, olah tubuh, hiburan, dan filsafat.

Meskipun ada banyak perbedaan doktriner dan teknik di antara berbagai organisasi taekwondo, seni ini pada umumnya menekankan tendangan yang dilakukan dari suatu sikap bergerak, dengan menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk melumpuhlan lawan dari kejauhan. Dalam suatu pertandingan, tendangan berputar, 45 derajat, depan, kapak dan samping adalah yang paling banyak dipergunakan; tendangan yang dilakukan mencakup tendangan melompat, berputar, skip dan menjatuhkan, seringkali dalam bentuk kombinasi beberapa tendangan. Latihan taekwondo juga mencakup suatu sistem yang menyeluruh dari pukulan dan pertahanan dengan tangan, tetapi pada umumnya tidak menekankan grappling (pergulatan).

Tiga Materi Dalam Berlatih

  1. Poomse atau rangkaian jurus adalah rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri, yang dilakukan melawan lawan yang imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram rangkaian gerakan poomse didasari oleh filosofi timur yang menggambarkan semangat dan cara pandang bangsa Korea.
  2. Kyukpa atau teknik pemecahan benda keras adalah latihan teknik dengan memakai sasaran/obyek benda mati, untuk mengukur kemampuan dan ketepatan tekniknya. Obyek sasaran yang biasanya dipakai antara lain papan kayu, batu bata, genting, dan lain-lain. Teknik tersebut dilakukan dengan tendangan, pukulan, sabetan, bahkan tusukan jari tangan.
  3. Kyoruki atau pertarungan adalah latihan yang mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau poomse, dimana dua orang yang bertarung saling mempraktekkan teknik serangan dan teknik pertahanan diri.

Filosofi Sabuk pada Tae Kwon Do

  • Putih melambangkan kesucian,awal/dasar dari semua warna,permulaan.
  • Kuning melambangkan bumi,disinilah mulai ditanamkan dasar-dasar Taekwondo dengan kuat.
  • Hijau melambangkan hijaunya pepohonan,pada saat inilah dasar Taekwondo mulai ditumbuhkembangkan.
  • Biru melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan seisinya,memberi arti bahwa kita harus mulai mengetahui apa yang telah kita pelajari.
  • Merah melambangkan matahari artinya bahwa kita mulai menjadi pedoman bagi orang lain dan mengingatkan harus dapat mengontrol setiap sikap dan tindakan kita.
  • Hitam melambangkan akhir,kedalaman,kematangan dalam berlatih dan penguasaan diri kita dari takut dan kegelapan.

Perubahan warna sabuk,harus memperlihatkan perubahan menyeluruh sikap hidup kita.

21 thoughts on “Apa itu TaeKwonDo

  1. wuuuuuiiiihhh taekwondo tuh bener bener hebat…..w seneng ngikut bela diri taekwondo,,pokoknya yang gak ikut nyesel deh…mnurut w taekwondo tu 1. buat jaga diri 2. ngelath fisik dan mental 3. ngilangn yang namanya BT dan JENUH 4. banyak deh ke untungan ikut TAEKWONDO…..(^_^)

  2. 1 hal yang pasti Taekwondo banyak membantu ku dalam menghilangkan lemak ku. sekalian buat belajar bela diri, hidup taekwondo beum latihan na dimana aja ya di dragon ac na adeeem

  3. taekwondo the best dah…
    karna taekwondo tu laen dari beladiri laeny..
    poko ny ikut taekwondo gx akn pnah nyesel de…

  4. gue adalah anggota TAEKWONDO gue bangga bgt jd anggta taekwondo..taekwondo itu simple…tapi sarat akan makna,,gue pgn bgt jadi atlet handal..yg mengharumkan sekolah dan negeri gue…I LOVE TAEKWONDO

  5. gw bisa seneng sama beladiri ini coz , , selain bljar tuk mbela diri juga bisa mnumbuhkn semangat!!!!

    salam buat all taekwondoin, , , khususnya taekwondo banjarmasin Kal- Sel

  6. Hai all.. Ad yg tw tmpt bljr TKD dket Sunter Garden jakut ga? Trus biaya-ny murah n jamny stlh pulsek.. Kalo ad add via FB yh Evelin Rosalita atw pin bb 22860F1B twitter jg ad @EvlinRosalita.. Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s