Penanggulangan Cedera Pada Pelaku Bela Diri


Setiap pelaku seni bela diri memang sangat rawan mengalami cedera. Luka yang paling umum dialami oleh pelaku seni bela diri adalah cedera. Cedera tersebut dapat dihindari dengan latihan yang benar. Biasanya cedera yang dialami dikarenakan kurangnya pemanasan, peregangan yang tidak benar, dan teknik yang kurang.

Artikel ini ditujukan untuk memberikan bimbingan langsung dalam rangka mencegah dan mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat cedera umum dan sama sekali tidak untuk meremehkan pemeriksaan oleh profesional kesehatan. Seringkali suatu cedera jika tidak segera terdiagnosa bisa berubah menjadi luka yang serius dan berbahaya. Ingat bahwa keterlambatan dalam diagnosis cedera dapat memperpanjang penyembuhan dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ yang mengalami cedera.

Sebagai pelaku seni bela diri Anda harus memperluas pengetahuan Anda di luar seni dela diri, anda perlu tahu tentang cara latihan untuk menjaga kebugaran fisik dan mekanik tubuh. Banyak latihan pemanasan tradisional dan stretching kuno yang secara fisik mungkin merusak dan sangat kontra produktif untuk latihan seni bela diri, oleh karena itu kita harus tahu mana teknik senam dan pemanasan yang tepat. Kurangnya fleksibilitas dan kelenturan karena tidak efisiennya pemanasan dan peregangan adalah penyebab utama kinerja fisik yang buruk dan juga sebagai alasan untuk banyaknya cedera yang dialami. Sebagai pelaku beladiri Anda juga harus untuk menggabungkan fleksibilitas, kekuatan dan daya tahan pengkondisian di dalam latihan seni bela diri Anda.

Dalam berlatih, mulailah dengan latihan peregangan sederhana dahulu. Secara bertahap anda akan membiarkan jantung anda memompa dan meningkatkan aliran darah anda ke otot-otot Anda. Anda harus menaikkan suhu tubuh anda, melonggarkan dan memanasankan otot dan sendi. Anda dapat mengetahui bahwa anda cukup sudah cukup hangat ketika Anda mulai berkeringat.

Otot manusia dapat meregang dengan lebih mudah dan lebih cepat pada saat tubuh telah hangat. Jika tidak melakukan peregangan maka kontraksi otot akan lebih cepat, dan semakin kuat.
Semakin tinggi suhu sel otot, semakin cepat mereka mampu memetabolisme oksigen dan bahan bakar yang mereka butuhkan.
Otot tubuh yang telah hangat karena pemanasan dapat mempercepat respon terhadap impuls saraf, dapat menyebabkan kontraksi lebih cepat, yang menyebabkan refleks anda menjadi cepat.
Pemanasan berfungsi untuk meminyaki sendi dan memungkinkan sendi untuk bergerak lebih bebas dengan sedikit energi yang dikeluarkan. Pemanasan dapat melindungi sendi dari keausan berlebihan.
Pemanasan bertahap meningkatkan denyut jantung dan mencegah ritme jantung abnormal. Setiap kali anda melakukan latihan berat yang dilakukan secara tiba-tiba akan dapat menyebabkan jantung anda kaget dan memompa kebutuhan oksigen lebih daripada yang dibutuhkan oleh sistem peredaran darah yang kita butuhkan, akibatnya dapat mengakibatkan ketegangan pada jantung.

Kegunaan Streching

Tujuan dari peregangan:

– Mengurangi ketegangan otot
– Meningkatkan gerakan sendi dan otot sehingga tubuh dapat bekerja lebih efisien
– Mencegah nyeri otot
– Mencegah radang otot dan memfasilitasi pemulihan dari cedera jaringan lunak
– Meningkatkan latihan teknik dengan memperluas jangkauan gerak
– Melenturkan otot setelah digunakan

Otot manusia bereaksi dengan perlahan memanjang dan memendek seperti dalam gerak statis. Tahanlah gerakan peregangan masih selama minimal 20 detik. Peregangan harus dilakukan lambat, lembut dan tidak memaksa. Peregangan yang Anda pilih harus terkait satu jenis dengan jenis lainya. Lakukan peregangan setiap hari jika Anda ingin meningkatkan fleksibilitas pada otot anda.

Ingatlah jangan bersaing selama latihan peregangan. Anda tidak harus membandingkan kemajuan Anda dengan orang lain jika Anda di sebuah kelas latihan. Jika anda terlalu memaksakan di luar batas kemampuan Anda, anda dapat cedera dan tindakan itu bukan malah memajukan tetapi memundurkan anda dari kemajuan yang seharusanya akan Anda buat.
Artikel Oleh Black Belt Scorpion ZZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s