Sejarah TaeKwonDo

Sejarah TaeKwonDo di Korea

 

Masa Pertengahan

Pada Dinasti Koryo ( 918 sampai 1392 Masehi ) yang mana penyatuan Semenanjung Korea setelah Shilla, Taekkyon berkembang sangat sistematis dan merupakan mata ujian penting untuk seleksi ketentaraan. Teknik Taekkyon tumbuh menjadi senjata yang efektif untuk membunuh. Pada permulaan Dinasti Koryo, kemampuan beladiri menjadi kualifikasi untuk merekrut personel ketentaraan sebab kerajaan membutuhkan kemampuan pertahanan yang kuat setelah penaklukan seluruh semenanjung Korea. Kemampuan dalam beladiri Taekkyon sangat menentukan pangkat seseorang dalam ketentaraan. Raja – raja pada dinasti Koryo sangat tertarik pada kontes Taekkyon yang disebut “Subakhui”, yang populer juga dimasyarakat dan dijadikan ajang perekrutan tentara. Namun pada akhir pemerintahan Dinasti Koryo ketika penggunaan senjata api mulai dikenal , membuat dukungan terhadap kemajuan beladiri berkurang jauh.

Masa Modern

Pada masa modern Korea , saat Dinasti Chosun ( Yi ) pada tahun 1392 sampai 1910, Kerajaan Korea dan Jaman penjajahan Jepang sampai tahun 1945, Subakhui dan Taekkyon, sebutan Taekwondo pada saat itu mengalami kemunduran dan tidak mendapat dukungan dari pemerintah yang memodernisasi tentaranya dengan senjata api. Dinasti Yi yang didirikan dalam ideologi Konfusius , lebih mementingkan kegiatan kebudayaan daripada seni beladiri. Kemudian , saat raja Jungjo setelah invasi oleh Jepang pada tahun 1952, pemerintah kerajaan membangun kembali pertahanan yang kuat dengan memperkuat latihan ketentaraan dan praktek seni beladiri. Seputar periode ini, terbit sebuah buku tentang ilustrasi seni bela diri yang diber judul Muyedobo – Tonji, yang memuat gambar – gambar dan ilustrasi yang mirip / menyerupai bentuk / sikap ( Poomse ) dan Gerakan Dasar ( Basic Movement ) Taekwondo sekarang, namun tentunya hal ini tak dapat diperbandingkan begitu saja dengan Taekwondo saat ini yang telah dimodernisasi dengan penelitian yang berdasarkan ilmu pengetahuan modern ( Scientific Studies). Akan tetapi , saat penjajahan Jepang semua kesenian rakyat dilarang termasuk Taekkyon, untuk menekan rakyat Korea. Seni beladiri Taekkyon hanya diajarkan secara sembunyi oleh para master beladiri sampai masa kemerdekaan pada tahun 1945.

Masa Sekarang

Seiring dengan kemerdekaan Korea dari penjajahan Jepang, konsep baru tentang kebudayaan dan tradisi mulai bangkit. Banyak para ahli seni beladiri mendirikan sekolah / perguruan beladiri . Dengan meningkatnya populasi dan hubungan kerjasama yang baik antar perguruan beladiri, akhirnya diputuskan menyatukan berbagai nama seni beladiri mereka dengan sebutan : Tae Kwon Do, pada tahun 1954. Pada 16 September 1961 sempat berubah menjadi Taesoodo namun kembali menjadi Taekwondo dengan organisasi nasionalnya bernama Korea Taekwondo Association ( KTA ) pada tanggal 5 Agustus 1965, dan menjadi anggota Korean Sport Council. Pada era tahun 1965 sampai 1970 an , KTA banyak menyelenggarakan berbagai acara pertandingan dan demonstrasi untuk berbagai kalangan pada skala nasional. Taekwondo berkembang dan menyebar dipelbagai kalangan, hingga diakui sebagai disiplin / program resmi oleh Pertahanan Nasional Korea , menjadi olahraga wajib bagi tentara dan polisi.

Tentara Korea yang berpartisipasi dalam perang Vietnam dibekali keahlian Taekwondo, pada saat itulah Taekwondo mendapatkan perhatian besar dari dunia. Nilai lebih ini menjadikan Taekwondo dinyatakan sebagai olahraga nasional Korea. Pada tahun 1972, Kukkiwon didirikan, sebagai markas besar Taekwondo, hal ini menjadi penting bagi pengembangan Taekwondo keseluruh dunia. Kejuaran dunia Taekwondo yang pertama diadakan pada tahun 1973 di Kuk Ki Won,Seoul ,Korea Selatan, sampai saat ini kejuaraan dunia rutin dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Disamping itu , untuk meningkatkan kualitas Instruktur Taekwondo diseluruh dunia, Kukkiwon membuka Taekwondo Academy, yang mulai tahun 1998 telah membuka Program pelatihannya bagi Instruktur Taekwondo dari seluruh dunia. Kuk Ki Won, sebagai markas besar Taekwondo Dunia, disinilah pusat penelitian dan pengembangan Taekwondo, Pelatihan para Instruktur , sekretariat promosi ujian tingkat internasional. Pada 28 Mei 1973, The World Taekwondo Federation ( WTF ) didirikan, dan sekarang telah mempunyai 156 negara anggota dan Taekwondo telah dipraktekan oleh lebih dari 50 juta orang diseluruh penjuru dunia, dan angka ini masih terus bertambah seiring perkembangan Taekwondo yang makin maju dan populer. Taekwondo telah dipertandingkan diberbagai pertandingan multi even diseluruh dunia , dan Taekwondo telah dipertandingkan sebagai ekshibisi pada Olympic Games 1988 Seoul dan telah dipertandingkan sebagai cabang olahraga resmi di Olympic Games 2000, Sydney.

72 thoughts on “Sejarah TaeKwonDo

  1. aku adalah taekwondoin pemula,ku pikir taekwondo sangat baik untuk kesehatan dan mental. tetapi di kotaku (kota pagaralam,sumatera slatan,indonesia) taekwondo kurang di perhatikan!!!! kuharap aku dapat bertemu dengan semua taekwondoin sedunia di suatu kompetisi!!!! amin!!!!
    yang terakhir “MAJU TERUS TAEKWONDO INDONESIA”!!!!!!!!!

  2. salam taekwondo….

    sampai saat ini masih penasaran bagaimana dasar tendangan yang baik dan benar tanpa mencederai otot kaki…….

  3. salam taekwondo…
    w bru kut taekwondo cls 7 ternata taekwondo sangat brguna sln u2k tbh jga msa depan.
    salam baca taekwondoin..

  4. hy aq taekwondo jatim ingin sekali bertemu ma atlit2 taekwondo se-indonesia…?

    aq cinta bgt ma taekwondo….? JAYA TAEKWONDO INDONESIA

  5. “hidup taekwondo”
    bagi saya seni beladiri taekwondo harus tetap dipertahankan
    karena dapat melatih fisik dan mental manusia
    jadi begitulah saya mamilih seni beladiri taekwondo
    karena memang adalah taekwondoin

    1. SAYA TAEKWONDOIN PKNBARU,,,
      mengapa ditanah air tak ngadakan kejuaraan
      untuk KLS PRA JUNIOR…. SE-RIAU
      terutama ntuk nasional,,
      kembangkan semangat Taekwondo,khususny Untuk prajuNior. semoga taekwondo di tanah air
      dapat mengharumkan Nama BANGSA INI.

  6. Salam taekwondo

    ass.
    Saya taekwondoin dari bgkulu,dan saya sudah punya bebrapa dojang.
    Yg saya herankan, knapa pmerintah kurang memperhtikan kami para taekwondoin d bengkulu.
    Smoga para pmbaca dgt mmbntu kami
    Thanks before

    1. taekwondo.. jadi menambah penagalamn saya dalam dunia sport.. taekwondo… sangat berpengaruh dalam pertaungan..
      salam taekwondo
      salam taekwondo dari bandung..

  7. salam taekwondo,saya taekwondoin dari malang n alhamdulillah sekarang sabuk merah.minta saran dong bagaimana cara mendirikan dojang n syaratnya apa aja? rencananya saya akan membawa taekwondo ini ke daerah saya yaitu kalimantan tengah

    1. cara mendirikan dojang biasanya minimal sabuk hitam dan 1 dan memiliki sertifikasi pelatih daerah… kecuali daerah yg belum ada sabuk hitam dan 1 mungkin ada dispensasi… setahu saya begitu… semoga bermanfaat… kalau misal mau, lebih baik tanya langsung saja ke pengcab malang atau pengda jatim langsung..

  8. Tapi, kalo menurut saya, g harus sampe sbuk hitam, cz saya mndrikan 3 dojang dari sabuk biru polos.
    Asal udah diizikan ama sabeum ny.
    Baru ngajukan pRoposal,sma promosi di daerah masing2. . .
    Gtu. . .

    1. ya sabeum… yang penting harus lapor ke pengcab ato pengda daerahnya… biasanya kalau dikota itu belum ada sabuk hitam diperbolehkan… silahkan diralat comment saya kalau ada kesalahan… trims…

  9. saya seorang taekwondoin setingkat sabuk hijau…
    saya ingin tanya apa di taekwondo ada teknik pukulannya…??
    karena selama saya latihan jarang sekai ada teknik pukulannya…

  10. tempat dojang untuk jam latihan malam dimana za??
    uda lama g break setelah datang dri riau
    n skrang mo lanjut lagi disurabya
    tanks b4

  11. kejayaan dan nama besar Taekwondo (berawal dari taekyon, hwarang-do dan busak)sudah dikenal sejak lama, hingga akhirnya diakui sebagai seni bela diri nasional dan internasional, namun dengan semakin banyaknya jenis bela diri yang baru di Indonesia, membuat Taekwon-do menjadi salah satu dari sekian banyak pilihan bagi para peminat cabang olah raga bela diri. tugas kita sebagai Taekwondo-in lah yang memiliki tanggung jawab moril untuk tetap membuat Taekwondo sebagai olah raga bela diri yang termasuk dalam kategori terbaik, amalkan ikrar dan asas-asas Taekwondo indonesia. berikan usaha terbaik dalam setiap latihan maupun di pertandingan.
    dan terakhir,, murnikan Taekwondo dari anasir-anasir yang bukan aslinya.
    salam untuk para Taekwondo-in se indonesia..
    jaya terus Taekwondo Indonesia.

  12. hai…
    aq taekwondoin medan tapi skarang lanjut d bandung
    dh latihan sejak SMA…

    taekwondo adalah hidup saya…
    jaya trus taekwondo indonesia..

  13. saya taekwomdoin medan…saya mau ngucapi selamat buat club nie,,mnurut saya prestasi yg kalian buat ckup bagus,,,,maju trus y!!!!!! bawa lah nama baik INDONESIA dalam kancah TAEKWONDO dunia………….
    salam olahraga….

    ^_^

  14. saya juga taekwondoin…
    sekarang baru sabuk kuning strip hijau maklum lh pas
    masuk sma baru ikut taekwondo…
    aku tinggal d’kalteng sampit dan sayangnya disini
    dojang taekwondo cuma ada satu.Klh ma karate yang sudah punya
    5 peguruan miris deh dengrnya…
    tapi aku tetap berharap taekwondo dikalimantan tengah akan
    terus maju ga kalh ma beladiri yg lain……

  15. saya taekwondoin universitas haluoleo.
    dulu saya pernah latihan di raha (muna)selama 1 tahun lebih,kemudian sempat libur karena banting stir menjadi atlit sepak bola.demi berjalanan waktu timbul penyesalan meninggalkan dunia taekwondo sampai melanjutkan studi di unhalu. di unhalu, tanpa tersadari ternyata ada TAEKWONDO UNHALU, ALHAMDULILLAH ! dengan kesempatan tersebut saya tidak perna menyianyiakan tae kwon do sampai sekarang. THANKS PKM…!!!…..KEUMAN….

  16. Aq ska apa pun bentukNya olah raga ,apa lagi bela diri, Nnun aq bkan sirik Atu pun dengki, bgi purtra putri indonesia U beleh blajar pa sja … Budaya . karya Bangsa U sendiri Gak U Bangga2in Ha ha ha

  17. salam Taekwondo …

    Taekwondo adalah seni beladiri yang artistik dan saya menyukainya..

    by Dias .. Kemaraya Taekwondo Training Center Kendari…

  18. aq taekwondo sulbar, polewali mandar
    walaupn di kota aq taekwondo latihannya selalu tertunda dan aku hanya kelas pemula tp aq pengen banget ,bisa bertemu ama seluruh taekwondoin yg ada di dunia.,.,.,.,
    agar berbagi pelagan dan tentu saja sparing di lapangan

  19. Hai.. Aku taekwondoin dari sarolangun, jambi.. Aku mantan silat tapi masuk ke taekwondo deh..aku cinta ama taekwondo.. Tapi kalo berkelahi beneran aku pake jurus silat dan jarang main tendangan..tolong add fb aku di yamamoto genryusai shigekuni..ok..

  20. wow….gue besok sabtu-minggu pelantikan sabuk hitam nih,gue mesti tau sejarah taekwondo,makanya gue buka ni blog,…. :D
    ga sia2…hehehehe…..

  21. ass…. :) saya juga anak taekwondo, tapi masih pemula… dan itupun karena di SMA saya baru ada ekskul taekwondo,.,.. salam kenal buat semuanya,.. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s